Gadget anak
Gadget anak

Gadget adalah salah satu peranti yang saat ini bisa dari berbagai macam hal baik itu laptop, smartphone, tablet dan berbagai macam jenis lainnya. Perkembangan teknologi yang satu ini sudah semakin pesat di seluruh dunia. Baik orang tua maupun anak – anak, saat ini sudah banyak yang menggunakannya.

Akan tetapi, penting untuk setiap orang tua agar bisa memilih jenis gadget anak yang tepat dengan memperhatikan cara pemakaiannya. Gadget pada si kecil bisa berdampak baik dan juga bisa berdampak buruk tergantung dari pengawasan dan perhatian orang tua. Maka dari itu, penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikanusia anak sebelum memberi mereka gadget.

Menurut boss komputer dunia yaitu Bill Gates, dirinya menjelaskan kalau anak – anak tidak boleh terlebih dahulu dikenalkan pada gadget seperti smartphone sebelum mereka berumur 14 tahun. Pakar – pakar parenting pun lalu kemudian mengamini apa yang dikatakan oleh Bill Gates tersebut karena gadget pada anak – anak yang dibawah umur bisa menyebabkan hal yang kurang baik. Meski demikian, ada juga yang menjelaskan bahwa gadget anak bisa diberikan di atas 5 tahun dengan syarat untuk membantu anak dalam mengedukasi dan dalam pantauan orang tua.

Di sisi lain ada banyak sekali dampak buruk dari gadget itu sendiri untuk anak – anak. Beberapa diantaranya seperti anak nantinya akan terpapar dampak buruk dari internet, mempengaruhi perkembangan otak mereka, mempengaruhi mental sosialnya, anak menjadi malas untuk melakukan aktivitas fisik dan berbagai macam dampak – dampak buruk yang lainnya.

Di lain sisi, ada juga berbagai macam dampak positif yang juga dapat dirasakan. Beberapa dampak positifnya tersebut diantaranya ialah bisa dijadikan sebagai peranti untuk membantu edukasi bagi si kecil dalam memberikan pelajaran – pelajaran bermanfaat seperti mengenalkan warna, suara dan juga lain sebagainya.

Dengan demikian, setiap orang tua diwajibkan untuk bisa mengetahui apa saja kelebihan dan juga kekurangan memberikan anak mereka sebuah gadget untuk perkembangannya. Untuk kedepannya setiap orang tua bisa lebih bijak dalam memberi mereka gadget untuk kebutuhan mereka dan mereka bisa lebih bijak menggunakannya jika diberikan pada usia yang tepat.