baju anak
baju anak

Khawatir tentang keamanan dan kenyamanan pakaian anak-anak Anda? Penarikan kembali puluhan ribu celana jeans anak-anak dan celana pendek karena kadar pewarna beracun yang tidak aman sudah cukup untuk membuat orang tua manapun cemas dengan apa yang anaknya kenakan. Selain itu, kenyamanan juga sangat penting untuk anak dalam memilih baju. Mari kita simak  tips memilih baju anak yang aman dan nyaman. Anda tidak pernah terpikirkan apa saja yang ada di dalam bahan baju yang anak Anda kenakan? Pertama ada pestisida yang digunakan saat menumbuhkan serat, lalu ada fungisida dan pengawet yang biasa menghentikannya berjamur. Selanjutnya datanglah pewarna, biasanya sintetis, plus tambahan seperti cetakan plastik yang mengandung bahan kimia pelembut plastik.

Anak-anak sangat rentan karena mereka memiliki lebih banyak luas permukaan kulit terhadap berat badannya, yang berarti potensi penyerapan lebih tinggi melalui kulit. Ditambah lagi mereka cenderung mengunyah dan menjilat pakaian mereka. Lalu, bagaimana cara memilih baju anak yang aman dan nyaman? Mari kita simak informasinya:

  1. Selalu pilih serat dan bahan alami dari yang sintetis

Pilih bahan organik jika Anda bisa, tapi ingat ini tidak hanya mengacu pada bagaimana serat tumbuh. Juga pikirkan pewarna yang digunakan dan yang lainnya.

  1. Pilihlah baju yang diwarnai secara alami

Coba cium aroma pakaian, jika ada bau bahan kimia yang terasa sangat banyak, letakkan kembali dan jangan dibeli. Cobalah untuk menghindari pakaian yang dibungkus plastik karena plastik perlu diolah dengan segala macam hal untuk mencegah jamur tumbuh dalam perjalanan.

  1. Jangan beli pakaian yang akan menempel ketat pada tubuh

Belilah pakaian yang memiliki leher lebar dan terbuat dari bahan yang bisa diregangkan sehingga anak tidak mengalami kesulitan dalam mengenakan dan melepas baju anak tersebut dan dapat bergerak lincah.

  1. Pilih ukuran yang tepat

Jangan memilih baju anak yang terlalu kecil atau terlalu besar. Membeli pakaian ukuran kecil bisa menimbulkan masalah pernapasan bagi anak Anda. Membeli pakaian yang terlalu besar juga membuat anak-anak Anda dapat tersandung.

Belilah pakaian yang memiliki leher lebar dan terbuat dari bahan yang bisa diregangkan sehingga anak tidak mengalami kesulitan dalam mengenakan dan melepas baju anak tersebut dan dapat bergerak lincah.