Kecerdasan otak anak sebetulnya bisa dibentuk secara dini sejak mereka kecil. Banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai usaha untuk stimulasi otak anak agar kecerdasannya bisa terbentuk di usia yang masih dini. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membentuk otak anak anda lebih stabil adalah dengan memperkenalkan beberapa jenis permainan yang khusus untuk menstimulasi otak anak agar kecerdasannya muncul secara alami.

Ada beberapa jenis permainan untuk stimulasi otak anak yang bisa anda perkenalkan kepada buah hati anda. Beberapa jenis permainan tersebut adalah sebagai berikut :

stimulasi otak anak
stimulasi otak anak
  1. Bermain Blok. Permainan menyusun blok akan bantu mengembangkan daya eksperimen si Kecil dan memperkaya ide di dalam pikirannya. Jenis eksperimen dari permainan blok seperti membangun sebuah bentuk atau mengelompokkan warna merupakan dasar dari cara berpikir ilmiah. Permainan blok juga membantu menstimulasi perkembangan motorik si Kecil.
  2. Pasir dan Air. Ajak si Kecil bermain dengan pasir dan air. Berikan juga peralatan untuk bermain pasir, ini akan membuatnya terkesima beberapa saat. Aktivitas bermain yang menyenangkan ini sekaligus akan membuat si Kecil belajar tentang volume, tekstur, cairan dan kepadatan.
  3. Bermain Kostum. Untuk bermain kostum, Ibu tak harus menyediakan kostum khusus. Ibu bisa ajak si Kecil untuk mengembangkan daya imajinasinya dengan memakai koleksi pakaiannya. Biarkan ia menjadi siapapun yang ia inginkan dengan kostumnya. Permainan ini akan meningkatkan daya imajinasi, kreativitas dan bahkan membuat si Kecil memiliki kontrol lebih baik pada sarafnya.
  4. Masak-masakan. Ajak si Kecil mengenal beberapa alat memasak dengan mainan masak-masakan yang ia miliki. Berpura-pura memasukan bahan masakan dan biarkan si Kecil memasak. Ia tahu bahwa ini hanya pura-pura namun permainan ini membuat si Kecil mengembangkan kemampuan pra-literasinya. Permainan dengan unsur berpura-pura itu sama seperti kegiatan membaca dan termasuk sebagai aktivitas mengabstraksi.
  5. Petak Umpet. Permainan lama ini merupakan cara menyenangkan untuk mengembangkan navigasi, pemetaan dan kemampuan si Kecil untuk mengenal ruang. Permainan bersembunyi dan menemukan ini membantu si Kecil paham mengenai lokasi dan meningkatkan kemampuannya untuk memprediksi.

Untuk lebih menyempurnakan usaha anda saat melakukan stimulasi otak anak tersebut, berikan asupan gizi seimbang ke dalam tubuh sang anak. Berikan anak anda susu S-26 Promise Gold dari Wyeth agar otak anak anda tumbuh dan berkembang secara baik karena S26 Promise Gold dari Wyeth kaya dengan zat yang baik untuk pembentukan DHA & AA dan juga komponen pembentuk membran sel otak, Mendukung fungsi perkembangan otak dan meningkatkan fungsi daya ingat