Kehamilan merupakan suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pasangan yang telah menikah. Banyak orang yang begitu mengusahakan kehamilan ini bahkan rutin berhubungan intim. Tanda-tanda kehamilan yang paling sering terjadi adalah mual dan muntah, termasuk perubahan suhu basal tubuh.

Ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan pada wanita. Cara tersebut adalah dengan mengukur melalui sebuah alat khusus yaitu Femometer. Dengan alat yang telah tersebar di pasar ini, anda bisa mengecek kehamilan, memeriksa siklus haid bulanan, dan bahkan mencegah kehamilan.

Cara mengecek suhu basal tubuh menggunakan Femometer

Femometer merupakan sebuah alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu seorang wanita untuk memprediksi kehamilan. Suhu basal tubuh merupakan suhu yang dialami oleh tubuh tepat pada waktu seseorang terjaga dari tidurnya dan belum melakukan kegiatan apapun.

Suhu basal ini bisa diperiksa ketika anda bangun dari tidur. Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Selepas bangun tidur, anda jangan beraktivitas terlebih dahulu. Langsung pasang femometer di bawah lidah anda selama 10 detik. Lalu lihat apakah suhu tubuh anda normal atau naik.

Suhu basal tubuh seorang wanita yang normal adalah sebesar 35,5 hingga 36 derajat Celcius. Lalu bisa berubah apabila terjadi ovulasi di rahim anda. Suhu seorang perempuan yang mengalami kehamilan atau ovulasi akan bertambah sekitar 0,5 derajat Celcius.

Namun walaupun anda telah mengalami gejala kehamilan dan tidak terjadi peningkatan suhu pada tubuh anda, itu berarti anda mengalami masalah dalam ovulasi. Untuk itu apabila anda tidak mengalami kenaikan suhu ketika terjadi gejala kehamilan seperti mual, muntah dan pusing, anda harus secepatnya pergi ke dokter kandungan.

Femometer sudah banyak dijual di pasaran. Benda berbentuk sepanjang jari telunjuk dan berwarna ungu elegan ini bisa mendeteksi suhu tubuh dan bisa menjadi petunjuk bahwa seorang wanita mengalami kehamilan atau tidak. Anda bisa membelinya di berbagai marketplace seperti Shopee, Blibli.com ataupun langsung di website resmi Femometer.