Harapan semua orang tua yang memiliki anak adalah melihat anak-anaknya tumbuh dengan secara optimal dan sehat. Ciri dari anak yang tidak mengalami masalah dalam proses tumbuh kembang yaitu dapat mencapai fase-fase perkembangan berdasarkan usianya. Selain itu, anak-anak dapat memahami dan merespon informasi dari lingkungan sekitar.

Berat badan ideal juga menjadi indikator bahwa anak tersebut mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Mencukupi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak sudah menjadi tugas orang tua karena mereka masih belum bisa memilih makanannya sendiri.

5 Jenis Nutrisi Penting Untuk Tumbuh Kembang

Orang tua harus selektif dalam memberikan makanan kepada si Kecil lho karena tidak semua makanan mengandung nutrisi penting. Di bawah akan dijelaskan beberapa nutrisi penting yang harus konsumsi si Kecil agar tumbuh dan berkembang dengan optimal.

nutrisi tumbuh kembang anak
nutrisi tumbuh kembang anak

Protein

Protein merupakan asupan wajib yang harus dipenuhi untuk menunjang tumbuh kembang anak. Fungsi protein diantaranya yaitu untuk membantu pembentukan sel yang maka akan berperan untuk perkembangan jaringan. Anak-anak juga memerlukan asupan protein untuk mendukung proses pembentukan masa otot dan pertumbuhan tulang. Selain itu, manfaat penting lain dari protein untuk tumbuh kembang yaitu sebagai sumber energi. Makanan yang dikonsumsi anak-anak akan diubah menjadi energi. Nah, proses memecah makanan menjadi energi itulah yang juga menjadi tugas dari protein. 

Pemenuhan protein bisa diperoleh dari hewani dan nabati. Makanan yang menjadi sumber protein hewani diantaranya telur, daging dan ikan. Sedangkan protein nabati banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

Karbohidrat

Anak aktif merupakan tanda bahwa anak tersebut sehat dan kebutuhan energinya tercukupi dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan energi ini maka orang tua harus memberikan makanan yang mengandung karbohidrat. Agar anak lebih sehat dan terhindar dari resiko kelebihan berat badan maka berikan karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek memberikan efek kenyang lebih lama karena tidak cepat dicerna oleh usus. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya yaitu biji-bijian, beras merah, gandum, jagung dan kentang.

Kalsium

Bantu penuhi asupan kalsium pada anak agar mereka memiliki gigi, tulang dan otot yang kuat. Gigi memiliki fungsi penting karena yang akan membantu anak-anak dalam mengkonsumsi makanan. Jika pertumbuhan gigi normal maka anak-anak akan lebih mudah untuk mengkonsumsi semua jenis makanan dengan tekstur yang berbeda. Hal ini pun juga akan memudahkan mereka untuk mendapatkan nutrisi yang beragam.

Kalsium juga sangat penting untuk tulang dan otot sehingga anak-anak dapat berjalan dan menggunakan ototnya dengan maksimal. Pertumbuhan otot dan tulang yang baik juga akan membuat mereka lebih mudah untuk beraktifitas.

Zat Besi

Zat besi juga penting lho untuk mendukung aktivitas dan perkembangan otak anak. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh menjadi lemas sehingga anak kurang aktif dalam bermain atau beraktifitas. Selain itu, zat besi juga bertanggung jawab terhadap sel-sel darah merah untuk mencukupi kebutuhan oksigen pada otak.

Anemia atau kondisi kekurangan zat besi dapat menghambat perkembangan otak sehingga anak akan susah konsentrasi. Hal tersebut tentu akan berdampak terhadap kemampuannya dalam mengingat dan merespon informasi. 

Vitamin & Mineral

Agar anak-anak tidak mudah sakit maka pastikan untuk memberikan asupan vitamin dan mineral. Keduanya juga bertanggung jawab untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta memelihara kesehatan organ dan jaringan. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang melimpah. Agar mendapatkan vitamin dan mineral yang beragam maka berikan pula buah dan sayur yang berbeda-beda setiap harinya.

Tambahkan juga Nutricia sebagai susu pendamping wajib bagi si Kecil agar tumbuh kembangnya maksimal. Nutricia terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan diproses secara higienis, cocok untuk bayi hingga anak-anak. Anda tinggal memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.