kesehatan gigi dan mulut
kesehatan gigi dan mulut

Masalah sakit gigi, gusi bengkak, atau hal lainnya yang berkenaan dengan   gigi dan mulut pastinya sangat mengganggu akan aktivitas yang dilakukan. Dari itu memperhatikan akan apa yang dikonsumsi, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut serta yang lainnay perlu diperhatikan dengan benar. Sebagai perlindungan yang tepat sebenarnya dapat dilakukan secara mudah dengan berbagai cara yang dapat dilakukan setiap hari.

Selain melakukan gosok gigi secara rajin lalu berkumur-kumur dengan cairan tertentu sebenarnya masih ada cara lainnya yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk melakukannya pun dapat dilakukan dengan cara-cara seperti berikut.

1. Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan pemanis.

Makanan yang tinggi akan gula dan pemanis bisa menjadi penyebab gigi mudah berlubang dan rusak. Dari itu walaupun harus makan-makanan yang pemanis sebaiknya langsung menyikat gigi.

2. Konsumsi permen karet.

Untuk permen karet yang dikonsumsi pastikan yang tanpa gula sehingga aman untuk gigi. Dengan mengkonsumsi perman karet dapat meningkatkan air liur yang nantinya bermanfaat untuk membersihkan partikel makanan yang menempel digigi serta asam yang menjadi penyebab rusaknya gigi.

3. Konsumsi buah-buahan segar kaya serat.

Buah-buahan yang kaya serat selain baik untuk tubuh kandungan seratnya juga bisa membantu untuk menghilangkan kotoran yang menempel di gigi.

4. Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Makanan dengan nutrisi yang seimbang dapat memberikan pengaruh pada kesehatan gigi yang lebih terjaga dan sehat. Kandungan yang tepat bisa didapatkan dari jenis makanan seperti keju, telur, ikan, bayam, agar-agar, dan yang lainnya.

5. Konsumsi air putih.

Konsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk pada gigi dan mulut. Biasakan setelah anda makan minum air putih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

6. Lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin.

Melakukan pemeriksaan secara rutin dapat mencegah dari timbulnya masalah pada gigi. Untuk pemeriksaan yang dapat dilakukan anda bisa mengunjungi dokter gigi minimalnya setiap enam bulan sekali.