Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa cara paling mudah untuk membeli sebuah rumah? apakah dengan menggunakan deposito online bunga 7% bisa membeli rumah? apakah benar bahwa dengan menggunakan deposito proses kepemilikan rumah menjadi lebih mudah? Untuk menjawab itu semua mari simak penjelasan selengkapnya dari bank Sinarmas berikut ini. 

Kelebihan membeli rumah lewat deposito 

Apa sajakah keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan investasi deposito untuk membeli rumah? Jawabannya adalah karena deposito memiliki bunga yang cukup besar dan tetap. Umumnya, deposito memiliki bunga sekitar 3% hngga 6%, namun ada juga deposito online bunga 7% seperti yang diberikan oleh bank Sinarmas. Dengan begini ada kemungkinan lebih besar Anda bisa merealisasikan mimpi untuk memiliki rumah idaman.

deposito online bunga 7%
deposito online bunga 7%

Tak hanya itu, dengan investasi deposito seperti deposito online ini, maka Anda bisa merasakan fasilitas bebas dari biaya administrasi bulanan yang biasanya ada pada tabungan umum. Namun, dalam investasi deposito, Anda biasanya akan dikenakan pajak dari besaran bunga, tetapi tidak akan mengurangi saldo deposito Anda. 

Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan tingkat keamanan yang lebih besar dengan jaminan dari lembaga penjamin simpanan (LPS) hingga mencapai nilai 2 milyar rupiah. Hingga yang terakhir, Anda bisa mendapatkan keuntungan proses yang lebih mudah, dengan hanya membuka rekening dan menyetorkan sejumlah dana untuk didepositokan. 

Yang terakhir adalah deposito ini sangat minim resiko dan tidak akan terganggu oleh nilai tukar rupiah ataupun adanya inflasi setiap tahunnya. Apalagi, deposito tidak membutuhkan perhitungan yang kompleks layaknya jenis investasi lainnya. 

Tips beli rumah lewat deposito 

1.Pahami cara kerja dan sistem deposito 

Saat awal berinvestasi deposito, Anda akan diminta untuk menentukan tenor yang diinginkan mulai dari 1 hingga 24 bulan. Jika sudah menentukan hal tersebut, maka Anda bisa mengkombinasikannya dan melakukan simulasi tentang besaran bunga yang didapat. Sebagai contoh, misalnya untuk tenor 1 bulan maka bunganya sekitar 3% dan seterusnya. Jadi, jika Anda memilih tenor yang semakin lama, maka Anda pun akan mendapatkan bunga yang lebih besar lagi. Pastikan Anda mengetahui cara kerja ini, dan persiapkan jangka waktu yang tepat untuk membeli rumah impian Anda. 

2. Pahami simulasi bunga deposito 

Kali ini kita akan membahas tentang simulasi bunga yang didapat dari investasi deposito. Misalnya, Anda memiliki uang sekitar Rp 20 juta kemudian Anda membaginya untuk dua periode yang berbeda, yakni dalam tenor 6 bulan serta 12 bulan. Berikut adalah simulasi perhitungannya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa tiap tenor memiliki jumlah bunga tersendiri. Semisal 6 bulan, maka suku bunga mencapai 3,1 %. Jadi, dengan total deposito sekitar Rp 10 juta, maka Anda mendapat bunga deposit sekitar Rp 248.000

Sementara itu, jika periodenya adalah 12 bulan dengan saldo Rp 10 juta, dan suku bunga sekitar 3,15% maka besar bunga yang bisa didapatkan dalam jumlah 366 hari, sekitar Rp 310.000. Dan begitulah hingga seterusnya. Kesimpulannya, Anda harus cerdas dalam memproyeksikan kapan niat Anda untuk membeli rumah tersebut, agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Diperlukan strategi yang matang 

Saat membeli rumah dengan investasi deposito, ternyata diperlukan sebuah strategi yang cukup matang agar Anda bisa mendapatkan hasil yang efektif demi mewujudkan impian Anda. Yang pertama, Anda harus jelas menentukan jenis deposito yang dipilih. Setidaknya, di Indonesia sendiri terdapat 3 jenis deposito seperti deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call. Jadi, pastikan terlebih dahulu mana yang sesuai dengan kebutuhan untuk membeli rumah. 

Lalu dengan berdasarkan poin-poin diatas, maka Anda bisa langsung melakukan perhitungan tenor atau jangka waktu yang diinginkan untuk membeli rumah, sehingga Anda bisa menyiapkan dana untuk deposito tersebut. 

Barulah pada akhirnya menghitung bunga yang bisa didapat sebagai langkah awal untuk merencanakan pengambilan rumah jenis apa, tipe apa, dan ukuran berapa. Semuanya harus Anda rinci terlebih dahulu agar lebih efektif. 

Demikianlah informasi singkat mengenai keuntungan deposito sebagai alat mewujudkan impian Anda untuk memiliki rumah. Untuk cara yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan deposito online, salah satunya seperti deposito online bunga 7% yang ditawarkan oleh bank Sinarmas. Untuk info lebih lengkap seputar deposito online ini, silahkan klik link berikut ini banksinarmas.com selamat mencoba dan semoga bermanfaat!