Tubuh yang bugar dan selalu sehat adalah dambaan setiap orang. Tentu saja, tidak ada orang yang suka terserang penyakit apapun yang dapat mengganggu keaktifan dan aktivitas sehari-hari. Namun, tubuh yang bugar tidak serta merta didapatkan begitu saja. Butuh usaha yang gigih, olahraga teratur, menghindari stres berlebih, serta melakukan pola dan cara makan sehat.

Berikut ini beberapa pola dan cara makan sehat agar tubuh Anda selalu sehat dan bugar.

1. Makan menu yang sama setiap hari

Saat ini, banyak ahli yang menyarankan agar kita mengkonsumsi makan makanan yang sama setiap harinya. Hal ini bertujuan agar tubuh mudah menyesuaikan dengan cepat. Mungkin, dengan cara seperti ini akan memberikan rasa bosan bagi Anda, namun demi tubuh yang sehat, nafsu makan memang harus ditekan.

2. Sarapan.

Dewasa ini, karena aktivitas ataupun ingin mendapatkan tubuh yang ideal, banyak orang yang melewatkan sarapan. Padahal, sarapan sangat penting bagi tubuh guna menunjang aktivitas dan kegiatan kita sepanjang hari. 

3. Minum air putih

Karena kegiatannya sepanjang hari, manusia biasanya kekurangan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini tentu sangat mempengaruhi stamina seseorang. Dengan rajin mengkonsumsi air putih, ion-ion tubuh yang terurai dapat tergantikan secepatnya. Ingat, air adalah elemen yang sangat vital bagi tubuh. Untuk orang dewasa, sebaiknya minumlah 8 gelas air putih setiap harinya. Hindari mengkonsumsi air the setelah makan, karena dapat menghambat tubuh menyerap nutrisi dan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

4. Makanan buah dan sayur terlebih dahulu

Banyak orang menyangka, buah merupakan makanan pencuci mulut yang dikonsumsi setelah makanan utama disantap. Padahal, sebaiknya kita makan buah dan sayur setengah jam sebelum makanan utama dihidangkan. Jika buah dikonsumsi secara bersamaan dengan menu utama, malah membuat penyerapan vitamin menjadi terhambat.

5. Makan 6 kali sehari

Pasti banyak yang menolak saat mengetahui hal ini. Padahal, makan lebih dari 3 kali sehari akan sangat baik bagi kebugaran tubuh. Saat kita tidak mengkonsumsi apapun selama lebih dari 3 jam, kadar hormon cortisol dalam tubuh akan meningkat, sehingga mengakibatkan tubuh akan menyimpan lemak di daerah perut, daripada membakarnya.

Demikian pola dan cara makan sehat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.